Obama yang akan membuktikan konsep Prabowo

http://hacer.org

Apakah pemerintah/BUMN bisa efektif dan efisien dalam mengelola sesuatu terutama untuk kepentingan rakyat kecil. Apakah BUMN yang efisien justru akan mematikan peran swasta? Dimanakah titik keseimbangan antara peran pemerintah dan swasta?

Campur tangan pemerintah/BUMN yang lebih besar adalah konsep yang diusung Prabowo, konsep yang banyak dicela dan dihujat karena dianggap sosialis dan dianggap sebagai mimpi belaka. Obama dengan reformasi layanan kesehatannya sebenarnya menerapkan konsep yang hampir mirip. Konsep layanan jaminan kesehatan pemerintah yang diperluas kepada seluruh masyarakat terutama untuk orang-orang yang saat ini tidak memiliki jaminan kesehatan akan dijamin dan ditanggung pemerintah melalui Medicaid (semacam Askes di Indonesia).

Jika layanan kesehatan itu berhasil memberikan pelayanan kesehatan yang baik dan terjangkau maka perusahaan-perusahaan asuransi kesehatan swasta akan bangkrut karena semua orang akan beralih ke Medicaid. Sebaliknya jika ini gagal, maka landasan kampanye Obama yang sejak awal menawarkan perubahan dalam sikap pemerintahan dan menawarkan peran pemerintah yang lebih luas dalam membantu rakyat kebanyakan adalah gagal dan sistem pasar bebas adalah yang paling kreatif dan efisien dalam mengalokasikan sumber daya, bahkan ketika sumber daya itu adalah tempat di rumah sakit untuk orang yang cedera atau sakit parah.

Ini adalah perang sistem antara pemerintah yang turut campur langsung ke dalam pasar untuk mengalokasikan sumber daya dengan maksud agar lebih banyak orang yang menikmati walau dalam satu pihak bisa mematikan kretifitas dan daya saing swasta serta sistem yang menyerahkan seluruhnya kepada pasar karena itu adalah sistem yang paling kreatif dan efisien dalam mengalokasikan sumber daya walau orang yang memiliki sumber daya akan jauh maju meninggalkan orang yang tidak memiliki sumber daya.

Jadi mari kita lihat bersama apakah Obama dapat membuktikan konsep Prabowo dalam masa 4 tahun pemerintahannya atau konsep itu memang hanya sebatas konsep yang bagus di kertas tapi tidak mungkin dilaksanakan.

ps: jangan komplain sumber daya manusia, korupsi dll di Indonesia yang berbeda dengan di US. Ini baru ngomongin apakah konsep ini bisa jalan di dunia nyata atau memang hanya bagus di kertas.

~ oleh Heriyadi Yanwar pada Juli 25, 2009.

Satu Tanggapan to “Obama yang akan membuktikan konsep Prabowo”

  1. commend 141 luar biasa dahsyat artikel anda sangat bermanfaat bagi saya. dan jangan lupa berkunjung ke situs saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: