Kebenaran sering hanya dipandang dari satu sisi

The truth is rarely pure and never simple.” Oscar Wilde

Menarik melihat gerakan penolakan atas beberapa capres/cawapres saat ini ada gerakan penyebaran gambar sebagai profil ada yang memanfaatkan statusnya di facebook ada yang berbagi link ke tulisan-tulisan yang menjatuhkan calon-calon tertentu. Tapi yang lucu adalah sangat sedikit yang mencoba menulis dengan objektif dan berimbang, semua tulisan-tulisan itu cendrung menyudutkan calon tertentu dan mengangkat calon yang lain, yang lebih lucu lagi ketika tulisan itu menyinggung satu peristiwa untuk menjatuhkan beberapa calon tapi dengan sengaja melewatkan nama calon lain yang juga terlibat peristiwa itu.

Kebenaran jika diibaratkan benda seringkali berbentuk bulat dan sulit untuk di mengerti kalo hanya dari satu sisi, itulah mengapa wartawan media konvensional diharuskan mengecek atau melakukan konfirmasi ke sumber berita yang akan ditulis apakah berita yang akan ditulis itu benar atau salah dan sumber berita tersebut mempunyai hak jawab jika dia mau menggunakannya, hal yang hilang di internet saat ini.

Tidak selalu yang dikatakan oleh orang banyak adalah kebenaran atau lebih parah lagi jika kebenaran ini di monopoli oleh penguasa atau pemilik media. Tulisan dan bahan di internet yang semestinya bisa menjadi menyeimbang karena tidak terkena vested interest penguasa atau pemilik media malah cendrung hanya melanjutkan apa yang ada di media konvensional tanpa melihat sisi lain berita tersebut.

Saya hanya mengajak rekan-rekan disini marilah kita berdiskusi dan mencoba melihat kebenaran dari berbagai sisi sehingga kita dapat mengetahui sisi baik dan sisi buruk setiap capres/cawapres dan kita pada akhirnya dapat memilih calon yang benar-benar terbaik dari berbagai segi baik sejarah masa lalu, kemampuan dia saat ini dan akan dibawa kemana kita di masa depan saat dia terpilih.

In Harmonia Progressio

ps: kalo ada yang bisa bikin list kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap calon tentu akan sangat bagus, saya belum bisa membuat ini karena:

1. Mungkin lingkup informasi saya lebih terbatas, rekan-rekan yang wartawan mungkin bisa lebih banyak, saya tahu ada beberapa wartawan atau bekas wartawan di sini.

2. Saya masih pengecut apalagi saat mendengar (saat launching politikana) ada blogger yang pernah digelandang ke kantor polisi karena menulis tentangannya atas kebijakan sang penguasa dan melihat kepolisian saat ini yang sangat gampang memberikan status tersangka.

Tulisan ini adalah copas dari tulisan saya di politikana.com


~ oleh Heriyadi Yanwar pada April 29, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: