Konsep Ekonomi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pandangan saya

Setelah mencari-cari konsep ekonomi lain, saya menemukan Konsep Ekonomi PKS yang cukup detail berdasarkan Platform Pembangunan PKS [1]. Selain itu untuk pembahasan di sini saya mengambil sumber dari Ringkasan Eksekutif Platform Pembangunan PKS bidang perekonomian [2].

Untuk tulisan ini saya akan memaparkan dulu konsep yang ditawarkan oleh PKS secara keseluruhan baru saya memberikan pandangan saya pada akhir tulisan. Hal ini dilakukan karena konsep yang ditulis pada Platform ini cendrung memberikan solusi yang sama pada beberapa masalah sehingga untuk menghindari pengulangan komentar yang tidak perlu pandangan saya diberikan pada akhir tulisan.

Partai Keadilan Sejahteran menawarkan filosofi ekonomi egaliter. Prinsip ekonomi egaliter yang paling mendasar adalah prinsip kesetaraan atau valuasi yang sederajat antara modal dan usaha, dan antara pemilik modal dan pengusaha/buruh. Valuasi yang setara dalam bentuk distribusi resiko dan keuntungan yang sama antara pemilik modal dan pengusaha. Dengan demikian penambahan modal hanya berasal dari usaha tindakan nyata, bukan melalui tindakan spekulatif/gambling atau riba di pasar modal/uang. Dengan adanya pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang berbasis pada tindakan spekulasi dan gambling di pasar uang dan modal, maka proses ekonomi riil akan menjadi tulang punggung sistem perekonomian yang berlaku.

Untuk perekonomian PKS menawarkan langkah-langkah:

1. Pengentasan kemiskinan.
Mengingat penduduk miskin terutama adalah para petani dan nelayan yang secara umum tinggal di pedesaan, maka perhatian pemerintah terhadap sektor pertanian mesti mendapat porsi yang utama. Kurangnya perhatian dan lemahnya kebijakan pada sektor pertanian merupakan paradoks, mengingat potensi sektor pertanian, perkebunan, kehutanan dan perikanan sangat besar. Untuk itu, upaya pengentasan kemiskinan harus dilakukan bersamaan dengan pelipatgandaan produktivitas sektor pertanian.

2. Pemerataan pendapatan.
PK Sejahtera berkeyakinan, bahwa pemerataan pendapatan hanya dapat diatasi,
apabila koordinasi lintas sektoral dikelola secara baik dengan membuat keterkaitan input-output antara sektor yang satu dengan yang lain dalam kerangka kerja integratif. Keterkaitan, baik ke depan maupun ke belakang dalam setiap sektor, terjadi dalam sebuah harmoni yang terintegrasi akan memunculkan kekuatan sinergi pembangunan, dan menghasilkan pemerataan pendapatan.

3.  Persaingan Globalisasi
PK Sejahtera berkeyakinan bahwa pengembangan SDM yang berkualitas dan penguasaan teknologi serta kemampuan inovasi melalui penelitian dan pengembangan adalah kunci peningkatan daya saing industri nasional. Juga diperlukan adanya perbaikan iklim investasi dan pembangunan infrastruktur dasar untuk meningkatkan daya saing industri nasional.

4. Ketimpangan Sektor Rill dan Sektor Keuangan
Mengintegrasikan sektor riil dan sektor keuangan untuk meningkatkan investasi langsung, mengurangi kesejangan yang terjadi antara sektor keuangan dan sektor riil dengan cara perbaikan infrastruktur, reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi untuk mendorong masuknya investasi asing langsung yang menggerakan sektor rill.

5. Sumber Daya Alam
Meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia dan teknologi dengan tujuan melakukan produksi yang bernilai tambah tinggi dengan meminimalisir penggunaan Sumber Daya Alam.

6. Reformasi Ekonomi
Melakukan reformasi ekonomi dengan dilandasi oleh semangat mewujudkan kemandirian dan menciptakan fundamental ekonomi yang kokoh yang mengurangi ketamakan pemburu rente ekonomi.

Berdasarkan analisis permasalahan ekonomi nasional yang ada maka PKS menetapkan platform perekonomian PKS yang meliputi:

1) Mendorong penciptaan lapangan kerja yang layak bagi kemanusiaan untuk menghapuskan kemiskinan dan mendorong pemerataan pendapapatan dan kesejahteraan melalui program pemberdayaan masyarakat miskin dan sektor informal.

2) Membangun industri nasional yang tangguh dan berdaya saing tinggi, berbasis SDM berkualitas dan kemampuan inovasi teknologi yang memadai dalam rangka mencapai kemandirian bangsa.

3) Mencapai pertumbuhan ekonomi yang bernilai tambah tinggi untuk mencapai pembangunan lestari dengan berbasis pada integrasi antar sektor serta pembangunan berbasis wilayah dan potensi regional yang menjangkau masyarakat luas.

4) Membatasi tindakan spekulasi, monopoli dan kriminal ekonomi yang dilakukan oleh penguasa modal dan sumber-sumber ekonomi lain untuk menjamin terciptanya kesetaraan bagi seluruh pelaku usaha bagi terwujudnya ekonomi egaliter.

Langkah-langkah perbaikan yang diambil terdri dari langkah utama berupa:

1) Melipatgandakan produktifitas petani dan nelayan.

2) Mendongkrak daya saing sektor industri dan jasa.

3) Membangun sektor-sektor yang menjadi sumber pertumbuhan baru.

Pengentasan kemiskinan dan pemerataan pendapatan adalah prioritas PKS dalam pembangunan ekonomi bangsa yang terkait erat dengan sektor pertanian.

Karena itu langkah utama platform ekonomi PKS adalah melipatgandakan produkfitas sektor pertanian, kehutanan dan kelautan dengan cara.

1) Modernisasi sektor pertanian dan kelautan serta relokasi hingga separuh penduduk tani ke sektor industri dan jasa berbasis agro melalui pemberdayaan wirausaha dan program outsourcing bottom of pyramid.

2) Mendongkrak daya saing sektor industri dan jasa yang merupakan smber utama pertumbuhan dengan titik berat koordinasi lintas wilayah untuk meningkatkan efek pengganda sektor/wilayah yang kaya sumber daya alam terhadap sektor/wilayah lain melalui upaya peningkatan nilai tambah proses ekonomi dengan mengandalkan SDM yang berkualitas dan kemampuan penguasaan teknologi yang memadai.
Skema insentif/disentif untuk merubah arus utama barang dan jasa yang tergantung pada luar negeri menuju pola rantai pemasok yang kuat di dalam negeri dengan mengoptimalkan peran pemasok komponen dan litbang/universitas dalam negeri untuk mendorong terbangunnya industri pemasok yang kuat dan litbang yang optimal. Disinsentif terutama diterapkan pada impor barang jadi dan barang setengah jadi yagn dibiayai oleh APBN atau APBD.

3) Membangun sektor-sektor yang menjadi sumber pertumbuhan baru dengan memanfaatkan potensi kekayaan alam yang belum sepenuhnya digali, serta pasar dalam negeri yang besar. Subsektor yang mempunyai potensi yang besar adalah kelautan, peternakan, perkebunan dan kehutanan, dengan potensi pengembangan pada bidang-bidang bioenergi, famasi, bioteknologi, telematika, peralatan kedokteran dan instrumentasi. Diharapkan bidang-bidang ini bisa menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Kunci keberhasilan ketiga langkah tersebut terletak pada kebijakan pemerintah yang menjamin terjadinya koordinasi lintas sektor dan pengembangan SDM dan inovasi teknologi yang merupakan motor utama daya saing ekonomi nasional.

Sangat menarik membaca Platform Pembangunan PKS terutama pada bagian ekonomi walau pada beberapa bagian cendrung terjadi overlapping di beberapa sektor, dan yang konsep yang ditawarkan juga berintikan pada pertanian seperti yang ditawarkan Prabowonomics yang saya bahas sebelum ini.

Intinya yang saya peroleh adalah PKS ingin melakukan pengentasan kemiskinan dengan cara peningkatan Sumber Daya Manusia, penguasaan teknologi, pembangunan infrastruktur dan reformasi birokrasi. Yang menjadi perhatian saya adalah semua yang ditawarkan PKS tersebut membutuhkan waktu untuk pelaksanaannya, pembangunan SDM atau saya lebih sering menyebut dengan “Human Capital” tidak bisa dilakukan dalam sekejap mata, langkah-langkah kongkrit apa yang akan dilakukan dalam jangka pendek sambil kita membangun SDM pada jangka panjang.

Satu hal yang paling menarik dari plaform ini adalah pembangunan sektor yang menjadi sumber pertumbuhan baru yang tentu saja membutuhkan SDM dan penguasaan teknologi. Ini yang tidak saya liat ditawarkan secara jelas pada konsep ekonomi partai lain, walau masih sama-sama belum adanya action plan yang jelas, tapi PKS sudah lebih maju dalam wacananya bahwa tidak cukup dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada tapi kita harus lebih maju dari itu dan mengembangkan sumber daya alam itu menjadi modal untuk sumber pertumbuhan baru. Saya berharap siapapun yang memenangkan pemilu nanti mau mengambil konsep PKS dalam membangun sektor yang menjadi sumber pertumbuhan baru.

[1] Plaform Pembangunan PKS www.pk-sejahtera.org/v2/download/pdf/platform.pembangunan.pks.pdf

[2] Ringakasan Eksekutif Platform Pembangunan PKS http://zulkieflimansyah.com/in/ringkasan-eksekutif-platform-kebijakan-pembangunan-partai-keadilan-sejahtera.html

~ oleh Heriyadi Yanwar pada Desember 21, 2008.

4 Tanggapan to “Konsep Ekonomi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam pandangan saya”

  1. Yeah, right. PKS programnya memang bagus, tapi kalau terpilih juga tidak akan ada yang jalan… Partai satu ini benar-benar serigala berbulu domba…

  2. the best idea will be a rubbish if it has no implementation. jadi, partai2 politik harus lebih dahulu membenahi birokrasi yang ada. yang saya lihat, semua partai punya visi yang cukup baik (begitu juga pada pemilu2 sebelumnya) tapi tidak ada yang menyinggung sedikitpun bagaimana mengatasi hambatan dalam implementasi visi tersebut.

  3. belum baca semuanya versi komplit nya, tapi sepertinya cukuplah untuk sebuah PKS..

    Dilihat dari langkah-langkahnya PKS sepertinya kurang dalam menganalisis perekonomian Indonesia dalam konteks perekonomian global..

    coba dibayangkan perbedaan antara pemerataan pendapatan dan pemerataan kesempatan..

    mengenai penciptaan lapangan kerja dan pemanfaatan investasi asing langsung (non-riil). Belum dijelaskan lebih lanjut mengenai strategi implementasi dari poin platform yang mendasari keduanya. Bila dimaksudkan investasi asing tersebut langsung diterjunkan tanpa melalui pasar modal Indonesia tidak menghambat sama sekali terjadinya ‘listing’ investasi yang bersangkutan di pasar modal negara lain.. yang artinya resikonya jauh lebih besar..
    Ilustrasi dari proses di atas ini dapat dilihat dari penanaman modal pada sektor perkebunan (sawit) oleh perusahaan-perusahaan Malaysia (yg didukung oleh pemerintahnya) di mana menciptakan lapangan kerja cukup banyak… tapi tahukah kita terhadap penjualan portfolio perusahaan perkebunan tersebut di pasar modal di negeri orang??

    Pernah denger perdebatan antara orang minyak dengan para ahli ekonomi? Judulnya adalah peak oil.. di mana setelah peak oil. produksi minyak akan terus menurun.. Penghitungan produksi untuk sumber energi yang tidak terbarukan sama sekali berbeda dengan perhitungan produksi barang atau pertanian yang seperti biasa dihitung oleh para ahli ekonomi.. Indonesia dipercayai telah melewati masa peak oil tersebut yang artinya produksi terus akan menurun…
    Sayang sekali PKS tidak memasukkan strategi untuk menghadapi kelangkaan sumber energi dalam jangka panjang…

    mungkin harus baca versi komplitnya atau mendengarkan paparan penyusunnya kemudian baru mendebatnya atau belajar padanya..

  4. Dari konsep ekonomi partai yang saya pernah baca, konsep PKS adalah yang sesuai dengan hati nurani saya. Walau konsep ini jauh dari komplit, namun inti permasalahan ekonomi Indonesia bahkan dunia sudah diutarakan terutama betapa lebih pentingnya sektor riil ketimbang pasar spekulasi. Ketimpangan alokasi modal di dua alam berbeda itulah yang menyebabkan perekonomian tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Alasanya gampang, akan lebih banyak pelaku pasar yang kecipratan kemakmuran dengan berkembangnya sektor riil ketimbang kalau modal berputar dari pemegang mosal yang satu ke pemegang mosal yang lain yang asyik bergambling ria di bursa saham.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: